Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Terbaru

         Setelah lama tidak ada kabarnya, kini Kurikulum 2013 diberlakukan lagi dengan format yang berbeda dari sebelumnya. Dulu penilaian ditetapkan dengan angka diskrit 1-4, sekarang Alhamdulillah penilaian dikembalikan lagi menjadi Angka Kontinu (Puluhan). Dan inilah yang lebih mudah dimengerti oleh para Pendidik dan Para Wali Murid karena rentangannya yang luas.
        Dalam penilaian yang diberlakukan saat ini mungkin agak lebih rumit karena guru dituntut untuk dapat menilai siswa secara terpisah dalam setiap Kompetensi Dasar sesuai dengan Amanat Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2015. Namun ada hal yang cukup menggembirakan karena dalam Format Rapot yang tertera dalam Panduan Penilaian untuk SMA yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah ternyata tidak serumit itu, tidak setiap KD dicantumkan nilainya melainkan Nilai Rata-Rata Siswa dalam keseluruhan KD per-Semester.
         Berdasarkan  hal tersebut, dengan menggunakan aplikasi nilai yang terintegrasi dengan kolom Keterangan maka penilaian Insya Allah tidak sesulit yang dibayangkan. Sebenarnya ide pembuatan aplikasi ini untuk memudahkan Para Guru yang seringkali dipusingkan dengan urusan Administrasi Penilaian yang sering berubah seiring perubahan kebijakan.
         Dalam penggunan Aplikasi ini, baik untuk Kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013, intinya sama, bahwa setiap Mata Pelajaran harus dinilai dalam setiap KD-nya dengan menempatkan Nilai pada kolom yang sudah disediakan disesuaikan dengan KD atau Keterangan yang sudah diinput sebelumnya. Dalam aplikasi ini (kolom keterangan KD) tidak diperkenankan KD yang sama dinput lebih dari sekali, sebab keterangannya akan rancu.
Kalaupun dalam kolom Keterangan diisi dengan materi yang dinilai bukan KD, justru lebih bagus, keterangannya lebih hidup dan dinamis.
Lihat ilustrasi berikut;


          Judul kolom Keterangan atau Judul pada Kolom Nilai (lihat ilustrasi) bisa diganti dengan keperluan. Minimal nilai yang harus diinput Guru adalah kolom nilai pertama, kolom tugas pertama dan kolom UTS/UAS. (tinggal diakalin dikit dan disesuaikan dengan kurikulum).
          Sebenarnya Tujuan dari Penilaian per-KD agar kemampuan siswa bisa diukur per-kompetensi-nya sehingga memudahkan Guru dalam memberikan Keterangan. Dan alhamdulillah, semua sudah tercakup dalam aplikasi ini, mungkin kolomnya membingungkan tapi bila kebanyakan maka Insya Allah akan semakin bingung. Jadi saya buat sesederhana mungkin, agar lebih mudah bagi Guru untuk mengisinya, tidak menghabiskan waktu. Bila nanti ada perubahan pada format Rapot (jadi Per-KD), maka Insya Allah kedepan saya akan buat Kolom Penilaian Per-KD.          
          Khusus Untuk Nilai Keterampilan (Psikomotor) apabila penilaian diambil dalam KD yang sama dengan teknis penilaian yang sama (misal; praktek/ produk/ proyek/ portofolio), maka yang diinputkan ke Aplikasi adalah Nilai tertinggi. Akan tetapi jika KD dan Teknis Penilaiannya berbeda maka yang diinput adalah nilai rata-rata KD tersebut (bila dilakukan beberapa kali penilaian). 
           Adapun penilaian Sikap, aplikasi Revo-8P menggunakan skala sikap yang dikonversi ke dalam kode. Kode-kode tersebut nantinya akan diinput ke Aplikasi Rapot 13P dan diakumulasikan (polling) berdasarkan nilai yang diinput oleh setiap guru Mapel sehingga menghasilkan deskripsi sikap yang komprehensif. Bukan hanya berdasarkan 1 Guru tapi berdasarkan seluruh Guru.
           Setelah Guru menginputkan nilainya lalu klik hitung nilai, simpan dan pindahkan nilai tersebut ke folder Kumpulan Nilai yang akan terbentuk secara otomatis dengan Nama Kelas dan Nama Mapel serta Tanggal pembuatan. File tersebut nantinya harus diserahkan kepada Wali Kelas, bukan aplikasi Revo-nya.
          Pada aplikasi Raport-13P, Isi nama siswa perwalian anda (di menu Data Siswa) sesuai dengan nama yang sudah diinput dalam aplikasi Revo-8P agar berurut namanya dan tidak salah kolom. Input Mata Pelajaran beserta KKM dan aspeknya (Contoh: Pada kolom Aspek K, isi K bila penilaiannya ada nilai kognitifnya, bila tidak kosongkan, Bilai ada nilai keterampilannya isi Kolom P dengan P, bila tidak ada jangan diisi, karena akan dijadikan faktor pembagi, kalau kolom A harus ditulis A).
          Kemudian baru anda input nilai di menu Nilai Mapel dengan cara copy file yang diberikan Guru (hasil dari Aplikasi Revo) ke kolom yang sudah disediakan di Raport. Jangan lupa sesuaikan nama Mata Pelajarannya! Setelah itu selesai.
Mudah-mudahan aplikasi ini bermanfa'at untuk memudahkan Guru dalam mendeskripsikan kemampuan siswa dalam setiap Kompetensi dan Sikap antar Mata Pelajaran.
Berikut Aplikasi Pengolah Nilai dan Raport K-13


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.